cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 10 Documents clear
Perkembangan Industri Tahu Masyarakat Pekon Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 1965-1990 Muhammad Fafa Nurwahid; Henry Susanto; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.44 KB)

Abstract

The purpose of this study is to find out the development of tofu industry in the community of Gadingrejo village in Pringsewu Regency during period of 1965-1990. This study applied a historical method with data collection techniques gathered through oral history and documentations. The data analysis was carried out qualitatively. Based on the results of the study, it showed that there was an industrial development which initially used a simple/traditional equipments and become sophisticated ones, and eventually there was an increase in tofu production in the community, so they could fulfill their needs. Furthermore, the development of tofu industry in  Gadingrejo village has also brought to a broad impact on the welfare of the community including an increase in community's income, education, health, and living facilities.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah perkembangan industri tahu pada masyarakat Pekon Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 1965-1990. Metode yang digunakan adalah metode historis dengan teknik pengumpulan data yaitu sejarah lisan dan dokumenter. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi perkembangan industri yang awalnya menggunakan peralatan sederhana/ tradisional ke pralatan yang lebih modern, sehingga terjadi peningkatan produksi tahu di masyarakat, dan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan berkembangnya industri di Pekon Gadingrejo juga berdampak pada kesejahtraan masyarakat diantaranya meningkatnya pendapatan, pendidikan, kesehatan, dan fasilitas hidup.Kata kunci: evolutif, industri, perkembangan
Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Maxima Rino Al-Falah; Ali Imron; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.895 KB)

Abstract

The purpose of this study was to improve the students learning motivation by using the Take and Give learning model. The method used is the experimental research method. The technique of collecting data used were library research, observation, questionnaires and documentation. The results showed that of the 87 students who attended 3 meetings and questionnaire distribution. There was an increase in the students’ learning motivation which was obtained a percentage at the first meeting (67.77%), the second meeting (46.66%) and the third meeting gained (71.11%). The decrease in learning motivation can be seen from the first meeting questionnaire to the second questionnaire decreasing by 21.11% and the second questionnaire to the third questionnaire increasing again by 24.44%. Thus, it can be concluded that the application of the Cooperative Technique Take and Give model can increase the learning motivation of eighth grade students of SMP Negeri 6 Bandar Lampung Academic Year 2017/2018.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 87 siswa yang mengikuti 3 kali pertemuan dan pembagian Angket, ada peningkatan motivasi belajar siswa, yaitu di peroleh persentase pada pertemuan pertama (67,77%), pertemuan kedua (46,66%) dan pertemuan ketiga memperoleh (71,11%). Penurunan motivasi belajar tersebut dapat di lihat dari angket pertemuan pertama ke angket kedua menurun sebesar 21,11 % dan angket kedua ke angket ketiga meningkat kembali sebesar 24,44 %. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penerapan model Kooperatif Teknik Take and Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.Kata kunci: model pembelajaran, take and give, motivasi belajar siswa
Pengaruh Paham Marxisme Terhadap Pemikiran Ir. Soekarno dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia Tahun 1926-1945 Novi Arisanti; Syaiful M.; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.307 KB)

Abstract

The research purpose is  to explore the Marxism effect on  Ir. Soekarno’s political views both direct and indirect effects. This research used the historical method  with library data collection techniques and documentation. The data were analyzed on the basis of qualitatif analyes. The result showed that Marxism had a significant effect on Soekarno’s political views both direct and indirect effects. This lead to the implemention of Marxism in Soekarno’s policys.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Marxisme pada pemikiran politik Ir. Soekarno baik secara langsung maupun tidak  langsung.  Metode yang digunakan yaitu metode historis dengan teknik pengumpulan data kepustakaan dan  dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya pengaruh Marxisme dalam diri Soekarno baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini menyebabkan implementasi dari ajaran Marxisme terhadap kebijakan politik Soekarno.Kata kunci: marxisme, pemikiran, soekarno
Makna Material Tradisi Puputan pada Mayarakat Jawa di Kampung Rukti Harjo Febrianti Putri; Risma M. Sinaga; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.027 KB)

Abstract

This study discuses about the implicit and the explicit meaning of Puputan Tradition material’s in Rukti Harjo Village. This study used hermeneutika method and qualitative analysis techniques. The data were collected from interview, observation, documentation, and bibliography. The results showed that the baby’s umbilical cord which is the part of sedulur papat limo pancer should be protected to harmonize ourselves (microcosm) as part of the universe (macrocosm) and also as controller of ourselves upon our lusts by holding a Puputan Tradition with various material used. Material’s meaning of Puputan Tradition in Rukti Harjo Village visualized the hope and the wishes of parents.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah makna tersirat dan tersurat material Tradisi Puputan di Kampung Rukti Harjo. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutika dan teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tali pusar bayi yang merupakan bagian dari sedulur papat limo pancer wajib kita jaga untuk menyelaraskan diri kita (mikrokosmos) sebagai bagian dari jagad besar (makrokosmos) dan sekaligus pengendalian diri kita atas nafsu-nafsu yang tidak baik dengan cara melaksanakan Tradisi Puputan dengan berbagai material yang digunakan. Makna material Tradisi Puputan di Kampung Rukti Harjo menggambarkan harapan dan doa orang tua.Kata kunci: makna, material, tradisi
Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kelas XI Gustian Agung Indrawan; Yustina Sri Ekwandari; Maskun Maskun
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.362 KB)

Abstract

This study aims to determine the increase in cognitive history learning outcomes of SMAN 1 Terbanggi Besar students years 2017/2018. The method of this research is the experimental method. The sample in this study was students of class XI IPS 3 using simpel random sampling technique. The data collection tool is a test of the results of historical learning in the material of Mercantilism and capitalism. The results of this study are an increase in the history of learning outcomes of students of class XI IPS 3. The results of student history learning are obtained from Pre-research, Meeting I and Meeting II with the success criteria of 70%. The conclusion in this study is the use of Snowball Throwing learning model can improve cognitive learning outcomes of students' history up to 48%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Sejarah kognitif siswa SMAN 1 Terbanggi Besar Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini ialah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa Kelas XI IPS 3 dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Alat pengumpulan data adalah tes hasil belajar Sejarah pada materi Merkantilisme dan Kapitalisme. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar Sejarah siswa Kelas XI IPS 3. Hasil belajar Sejarah siswa diperoleh dari Prapenelitian, Pertemuan I dan Pertemuan II dengan kriteria keberhasilan sebesar 70%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif Sejarah siswa sebesar 48%.Kata kunci: hasil belajar Sejarah, peningkatan, snowball throwing
Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Problem Solving Pelajaran Sejarah Josua Fernando; Muhammad Basri; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.974 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the differences of the students’ learning outcomes between those who were being taught by using problem posing learning models and those with problem solving learning models in history subjects of XI social studies class at SMA Negeri 1 Terbanggi Besar,  Lampung Tengah. The research method used is the experimental design method and the form of the postest only control design. The results of data analysis showed that there were differences in learning outcomes between students using problem posing learning models and problem solving learning models in historical learning.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran problem solving pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah Tahun Ajaran 2017-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode experimental design dan bentuk posstest only control design. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran sejarah.Kata kunci: hasil belajar, problem posing, problem solving
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X-1 Robertus Febrima Yulianto; Syaiful M; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.146 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of brainstorming learning methods on cognitive learning outcomes of class X-1 students of SMA Xaverius Pringsewu Academic Year 2018/2019. Based on the results of research and data analysis conducted by the author with the title of the influence of the application of the Brainstorming learning method to the learning outcomes of class X-1 students in Historical Subjects at Xaverius Pringsewu High School, it was concluded that there was a significant effect of learning outcomes in using learning methods cognitive students in Historical Subjects at Xaverius Pringsewu High School.Penelitian ini tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X-1 SMA Xaverius Pringsewu Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan penulis dengan judul pengaruh penerapan metode  pembelajaran Brainstorming  terhadap hasil belajar siswa kelas X-1 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Xaverius Pringsewu diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari hasil belajar dalam menggunakan metode pembelajarn Brainstorming terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Xaverius Pringsewu.Kata kunci: brainstorming, hasil belajar, pengaruh
Hubungan Metode Diskusi Kelompok dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Riyan Mustafa; Syaiful M.; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.68 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between the use of group discussion methods and student learning outcomes in Historical Subjects at Semaka 1 Public High School, Tanggamus District. Type of this research is Quasi Experimental Design with a Posttest-Only Control Group Design. The population in this study is all students of Class XI IPS in SMA Negeri 1 Semaka, totaling 64 students. The sampling technique is a saturated sampling technique and analyzed by descriptive statistics. The results showed the use of effective group discussion methods to improve student learning outcomes with the average learning outcomes of students in the class that were not taught was 69.43 and entered into the medium category of 32 students, while the learning outcomes of students in the class were taught using the discussion method is 75.21 and entered into the high category.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan metode diskusi kelompok dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semaka Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semaka yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang tidak diajar adalah 69,43 dan masuk ke dalam kategori sedang dari 32 peserta didik, sedangkan hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode diskusi adalah 75,21 dan masuk ke dalam kategori tinggi.Kata kunci: diskusi kelompok, hasil belajar, hubungan
Hubungan Metode Diskusi Kelompok dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Riyan Mustafa; Syaiful M.; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.563 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between the use of group discussion methods and the students learning outcomes in Historical Subjects at Semaka 1 Public High School, Tanggamus District. Type of this research is Quasi Experimental Design with a Posttest-Only Control Group Design. The population in this study is all students of Class XI IPS in SMA Negeri 1 Semaka with 64 students. The sampling technique is a saturated sampling technique and analyzed by descriptive statistics. The results showed the use of effective group discussion methods to improve the students learning outcomes with the average learning outcomes of the students in the class that were not taught was 69.43 and entered into the medium category of 32 students, while the learning outcomes of students in the class were taught using the discussion method is 75.21 and entered into the high category.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan metode diskusi kelompok dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semaka Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semaka yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang tidak diajar adalah 69,43 dan masuk ke dalam kategori sedang dari 32 peserta didik, sedangkan hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode diskusi adalah 75,21 dan masuk ke dalam kategori tinggi.Kata kunci: diskusi kelompok, hasil belajar, hubungan
Pengaruh Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Anwar Sidik; Syaiful M.; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.27 KB)

Abstract

The purpose of the study was to determine the effect of student independence on student learning outcomes in the history of class XI IIS 2 in Kotagajah 1 Public High School year 2018/2019. The type of this research use in this study is a qualitative descriptive field research. The method used in data collection is the method of observation, interviews, and documentation. Based on the data analysis, it can be concluded that there is an influence between students' independence on student learning outcomes. The influence of this student independence provides good benefits in improving student learning outcomes which means that the more optimal the independence of students in learning, the better in improving learning outcomes.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Siswa terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Kotagajah Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi,wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa.Pengaruh kemandirian siswaini memberikan manfaat yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang berarti semakin maksimal kemandirian siswa dalam belajar rmaka akan semakin baik dalam meningkatkan hasil belajar.Kata kunci: hasil belajar, kemandirian, pengaruh

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue